Kamis, 23 September 2010

Konstruksi Septic Tank


Septic tank adalah bangunan pengolah dan pengurai kotoran tinja manusia cara setempat, tangki ini dibuat dengan bahan yang kedap air sehingga air dalam tangki septik tidak dapat meresap ketanah dan akan mengalir keluar melalui saluran yang disediakan.
Dalam penggunaannya, septic tank hanya menerima buangan kakus / tinja saja, tidak untuk air bekas ( mandi dan cuci ). Pengurasan septic tank dilakukan secara berkala setiap 3 tahun sekali.

Keuntungan yang diperoleh jika menggunakan septic tank adalah bangunan kuat dan biaya pembangunan murah. Selain itu kotoran juga tidak mencemari lingkungan. Namun ada pula kerugian yang didapat antara lain membutuhkan biaya pengurasan, dibutuhkan perawatan agar tidak tersumbat dan memerlukan lahan yang cukup luas.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan dan kontruksi Septic Tank antara lain :
  • Bisa digunakan secara individu maupun bersama ( komunal ) sampai dengan 5 ( lima ) rumah, jika menggunakan sumur resapan / bidang resapan tergantung dari ketersediaan lahan, jika digunakan untuk pemakaian lebih dari 5 ( lima ) rumah bidang resapan yang diperlukan akan memerlukan lahan yang cukup luas, untuk mengatasi kebutuhan lahan yang luas ini di bangun suatu Filter untuk menggantikan fungsi bidang resapan.
  • Dibuat pada lahan yang memudahkan untuk dilakukan pengurasan.
  • Ukuran dan volume hanya dipengaruhi oleh jumlah pemakai, periode pengurasan yang direncanakan dan asumsi jumlah kotoran manusia / tahun yang masuk dan diolah septic tank .
  • Ukuran dan volume septic tank tidak dipengaruhi oleh jenis tanah, daya serap tanah, maupun tinggi muka air tanah.
  • Air yang keluar dari septic tank masih harus diolah dalam bidang resapan, sumur resapan atau filter.

Beberapa tips agar septic tank tidak mudah penuh antara lain :
  • Membuat ukuran septic tank sesuai dengan kapasitas kotoran harian penghuni rumah.
  • Hindari membuang air atau deterjen bekas cucian ke closet yang mengarah ke septic tank karena hal ini akan berakibat fatal yaitu matinya makhluk pengurai penghuni septic tank yang membantu penguraian kotoran sehingga tidak cepat penuh.

InfoSipil.com menyediakan gambar septic tank dan resapan yang bisa di download secara gratis. Untuk mendownload gambar septic tank silahkan menuju http://infosipil.com/download/file/2-konstruksi-septic-tank.
Spesifikasi bahan untuk pembuatan septic tank tersebut antara lain :
  • Dinding septic tank terbuat dari pasangan batu bata 1 pc : 4 ps
  • Lantai kerja dari cor beton tanpa tulangan
  • Penutup septic tank terbuat dari beton bertulang dengan ketebalan 12 cm sehingga kuat menahan beban kendaraan melintas diatasnya.
  • Resapan terbuat dari bahan ijuk, pasir, dan kerikil..

from: infosipil.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas info nya , ini menambah wawasan saya dalam Septic Tank

septictankbiosystem.com mengatakan...

informasi yang menarik dan perlu disimak nih membuat septic tank

Poskan Komentar